[Coach FJS] πŸ’’ Seri 3 : LAW OF GROWTH πŸ’’

Anda reunian waktu mudik? Saya iya dong… kumpul teman SD sampai SMA.

Saya asyik mendengar cerita teman2 yang sukses, mereka sukses ada yang jadi pebisnis, ada yang berhasil jadi dosen, ada yang hebat karena sekolah keluar daerah, ada yang berani mengambil proyek2 pemerintah dan akhirnya dihadapkan pada masalah2 lalu mereka belajar, ada yang sukses juga karena berani mengambil keputusan besar.

Dan tentu saja ada juga teman teman saya yang kehidupan nya biasa biasa saja…. ceritanya biasa biasa saja, tidak melakukan apa apa, kerja rutin sehari hari, tidak mengambil keputusan besar, tidak belajar kemana mana.

teman2 saya ada yang sukses dengan pekerjaannya, dan ada yang tidak biasa biasa saja serta ada juga yang kondisinya kurang baik.

Mungkin anda ketika reuni juga menemukan kondisi teman teman anda sama spt saya. Lalu Kenapa pada reunian kita mendapati ada yang kondisinya baik, biasa dan tidak baik? Kita sendiri kondisinya yang mana?

Kenapa ada yang sukses ada juga yang tidak sukses?

Untuk menjelaskan fenomena ini, ada sebuah hukum namanya LAW OF GROWTH .

Hukum ini mengatakan bahwa seseorang bertumbuh kapasitasnya itu tidak otomatis, pertumbuhan tidak terjadi secara dengan sendirinya.

Kita tidak tiba tiba jadi lebih pintar dan lebih sukses. Umur bertambah otomatis tapi kapasitas tidak.

Kapasitas tidak bertumbuh itu artinya kesuksesan tidak bertambah.

Satu satunya hal yang pasti dalam kehidupan kita hanyalah kematian bahwa kita akhirnya akan mati, tapi bertumbuh itu pilihan.

Ada orang yang bertumbuh kapasitasnya karena dia melakukan sesuatu, dan ada yang tidak bertumbuh karena tidak melakukan apapun.

Orang yang tidak bertumbuh maka tidak akan menjadi apa apa, begitu begitu saja dari tahun ke tahun.

Sedangkan orang yang bertumbuh karena mereka melakukan sesuatu yang membuat kapasitas mereka bertambah dan pada akhirnya lebih sukses.

Pada akhirnya pertanyaan penting nya adalah β€œWhats your personal GROWTH plan?” Apa rencana pertumbuhan pribadi mu? Apa yang kamu lakukan untuk bertumbuh?

Tahun depan bisa jadi kita akan reuni lagi, kondisinya bisa sama atau bisa berubah.

Tulisan ini bukan tentang reuni sebenarnya, tapi tentang pertumbuhan.

Jika kita ingin lebih sukses dan berhasil di tahun depan, maka kita mau tidak mau harus bertumbuh dengan belajar, berani mengambil langkah besar dan keputusan besar, berani menghadapi masalah2 untuk mendewasakan.

Tapi kalau kita ingin setiap tahun biasa biasa saja, tidak jadi siapa siapa, maka jangan lakukan apa apa. Tentu saja ini bukan saran saya.

Sekali lagi, apa rencana besar pertumbuhan anda? Yang membuat perbedaan besar di tahun depan.

Semoga ada yang bisa direnungkan dari tulisan sederhana ini.

Berani lah gais.

Salam sukses
Fitra Jaya Saleh