5 Penyebab Utama Rasa Cemas

Share
penyebab utama rasa cemas
sumber : Photo by Usman Yousaf on Unsplash

Apakah kamu pernah, setidaknya sekali merasakan cemas ?, mungkin dari tubuhnya tiba – tiba tegang, tiba – tiba nangis atau bahkan merasa panik. Merasa cemas bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun. Yang pastinya ada beberapa alasan kenapa orang bisa merasa cemas, tapi biasanya ada beberapa penyebab utama rasa cemas yang cukup umum terjadi. Penyebab utama rasa cemas yang umum ini juga butuh penanganan yang berbeda – beda tergantung penyebab atau sumbernya. Apakah kamu ingin mengetahui apa saja  penyebab utama rasa cemas beserta solusinya ?. Berikut beberapa penyebab utama rasa cemas beserta solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Penyebab Cemas

Stress

penyebab utama cemas
sumber : Photo by ahmad gunnaivi on Unsplash

Sumber stres sehari – hari seperti misal terjebak macet saat pergi ke kantor, atau telat bangun untuk kuliah, hal itu sangat rentan membuat kamu menjadi cemas. Tapi, jika stresnya sudah sering muncul dan bertahan lama, bisa nih membuat rasa cemas itu menjadi lebih parah, belum lagi dengan kondisi – kondisi fisik lain. Biasanya juga nih stres itu bisa membuat orang lalai dengan kesehatan fisiknya. Misalnya, jika di kantor ada deadline maka biasanya kita akan mengorbankan jadwal tidur malam atau mungkin saat kita memiliki tugas penting, kita jadi mengabaikan jam makan. Padahal hal – hal seperti tersebut itu justru dapat menjadi memperparah kecemasan yang dialami. Jadi bagi kamu yang sering merasa stres, coba pelan – pelan untuk kelola stres kamu. Misalnya dengan mencoba mengatasi langsung sumber stresnya atau mulai kelola diri mu agar tidak tenggelam dengan rasa stres itu.

baca juga : langkah untuk mengubah mindset hidup menjadi lebih baik

 Apa Yang Kita Konsumsi

Yang dimaksud disini adalah apa yang berhubungan dengan apa yang kita konsumsi setiap hari, nah misalnya kamu mengkonsumsi kopi yang dimana itu terdapat kandungan kafein. Asupan kafein yang banyak dan tidak terkendali justru bisa memperparah perasaan cemas kamu. Jadi bagi kamu yang sangat suka minum kopi untuk dapat beraktivitas. Pastikan kamu dapat atur kadar kafeinnya dengan baik. Nah, setelah kafein ada juga beberapa obat -obatan tertentu yang dapat membuat kamu justru semakin cemas. Tapi jika misalnya kamu meminum obat ini untuk perawatan tertentu dan ternyata justru membuat kamu merasa cemas, jangan sungkan untuk menceritakan ke doktermu, agar dapat membantu mencarikan alternatif yang lain.

Pengaruh Lingkungan Sekeliling

Mungkin kamu sudah paham ya, kondisi lingkungan di sekeliling kamu ini sangat dapat  mempengaruhi kondisi kita. Misalnya, kamu tidak biasa pergi ke tempat – tempat yang terdapat banyak orang berkerumun dan berkumpul, jadi kamu akan merasa cemas karena banyaknya orang ini. Atau kamu diminnta untuk berbicara  didepan banyak orang sementara kamu  belum pernah atau belum terbiasa untuk hal itu. Tentunya hal itu wajar, jika kamu merasa cemas ya. Karena hal ini termasuk sesuatu yang baru karena kamu belum terbiasa. Nah, cara mengatasi sumber stres ini yaitu dengan mempersiapkan diri mu secara matang sebelum pergi ke lingkungan baru  dan kembangkan cara untuk mengelola kecemasan kamu ketika kamu berada di situasi seperti hal tersebut. Misalnya dengan teknik mindfulness atau teknik pernafasan tertentu, untuk menenangkan diri.

Masalah Keuangan

Kekhawatiran jika kamu tidak memiliki uang dan tabungan yang cukup untuk menyokong kehidupan kamu atau bahkan tagihan yang datang mendadak adalah sumber kecemasan yang wajar. Oleh karenanya penting untuk kamu. Untuk memahami kondisi financial mu dengan baik dan belajar mengelola diri ketika situasi ini muncul. Setidaknya kamu dapat lebih siap menghadapi ini dengan kepala yang lebih dingin  dan rasional.

Pikiran Negatif

Emosi dan pikiran negatif yang sulit untuk dikontrol juga salah satu alasan kenapa rasa cemas ini bisa muncul, bisa saja spesifik karena masa depan atau kombinasi dari 4 poin sebelumnya menjadi satu. Walaupun dalam kondisi tertentu dibutuhkan dan bahkan baik untuk kita, sering kali pikiran negatif yang sulit dikendalikan atau terlalu fokus pada pikiran negatif justru membuat kita merasa cemas dan merasa lelah sendiri, ya jadi kita perlu untuk ngelola pikiran negatif tersebut. Cara mengelola pikiran negatif itu sedikit mirip dengan point sebelumnya. Misalnya mindfulness atau fokus terhadap apa yang kamu lakukan sekarang terlebih dahulu. Biasanya ini sanagt berguna untuk kamu yang memiliki pikiran – pikiran negatif tentang masa depan.

Nah, itu beberapa point penyebab utama rasa cemas beserta solusi untuk menghadapinya. Beberapa poin tersebut adalah penyebab utama rasa cemas yang sangat umum terjadi pada orang – orang.  Rasa cemas mungkin bisa berasal dari pengaruh lingkungan luar atau sekeliling kita, tapi untuk memperbaikinya masih tetap berasal dari diri kita sendiri. Semakin banyak kita tahu tentang penyebab rasa cemas dan bagaimana cara mengatasinya. Makan akan dapat membuat hidup kita menjadi lebih baik

sumber : channel 1%

Read More