Berapa Sih Biaya Membuat Aplikasi Android yang Sederhana?

Share

Apakah Anda berencana buat aplikasi Android sendiri? Bingung modal biaya yang akan dikeluarkan? Bagi para pemula yang ingin belajar, mari bahas bersama perkiraan biaya bikin aplikasi Android yang sederhana pada artikel berikut ini!

Baca Juga : Gambaran Sederhana Tahapan Membuat Aplikasi Android Bagi Pemula

Biaya Membuat Aplikasi Android

Biaya membuat aplikasi dibagi menjadi dua. Jika buat sendiri, Anda hanya perlu biaya tool dan juga pengeluaran selama pembuatan. Sekarang ini tool coding cukup murah. Tapi bagi pemula, pilihan membuat aplikasi Android tanpa coding juga ada toolnya walaupun sedikit mahal.

Untuk kebutuhan seputar biaya tool dan keperluan membuat, Anda akan keluar sekitar 500 ribu Rupiah untuk aplikasi sederhana. Penting diingat membayar asset UI, tool dan juga pengeluaran lain seputar aplikasi selama pembuatan akan masuk dalam hitungan ini.

Tipe yang kedua adalah jika membayar pihak lain untuk membuatkan aplikasi tersebut. Jasa pembuat aplikasi sekarang banyak tersedia dan bisa dipilih mudah. Rata – rata, Anda cukup membayar biaya bikin aplikasi Android sederhana sebesar 700 ribu Rupiah. Tapi untuk aplikasi yang complex, biaya ini bisa lebih tinggi.

Biaya Pemasangan di Google PlayStore

Selain Biaya Membuat Aplikasi Android, Jika sudah membuat aplikasi dan memastikan penggunaannya bisa luas, Anda harus memasangnya di Google PlayStore. Memang memasang link download APK saja bisa, tapi aplikasi itu tidak akan bisa diakses secara mudah.

Untuk memanfaatkan platform Playstore, Anda harus bayar biaya pasang yaitu 350 ribu Rupiah. Pembayaran ini cukup sekali tapi Anda harus mematuhi peraturan di platform ini. Berbagai aplikasi yang terkesan copy, KW dari versi legal, memiliki unsur alat hacking dan bahkan ada unsur penipuan akan dikeluarkan dari platform.

Biaya Lain yang Bisa Muncul

Selain biaya pembuatan dan pemasangan aplikasi, Anda juga harus mampu menghitung biaya – biaya lain yang dibutuhkan aplikasi. Mulai dari kebutuhan sewa server, hosting file, layanan integrasi payment sampai biaya maintenance dari aplikasi itu sendiri.

Untuk biaya server dan hosting, rata – rata uang yang perlu disiapkan adalah 70 ribu Rupiah per bulannya. Tapi biaya ini hanya rata – rata untuk aplikasi yang sederhana. Jika aplikasi Anda memiliki banyak fitur dan asset, kebutuhan server tentu harus lebih baik. Anda bisa keluar 100 ribu Rupiah per bulan untuk keperluan hosting yang premium.

Bayaran lain yang perlu Anda perhatikan adalah maintenance. Jika Anda menggunakan jasa pihak lain untuk membuat aplikasi, tentu Anda juga harus bayar lagi untuk menyuruh mereka melakukan patch perbaikan. Penambahan fitur atau sekedar menghilangkan bug perlu dilakukan secara rutin agar aplikasi selalu mudah digunakan.

Biaya maintenance ini tergantung ukuran pekerjaan yang dilakukan. Biasanya jika patch kecil bayaran bisa sekedar 50 ribu Rupiah. Tapi jika ukuran patch besar, hal ini bisa sampai harga buat aplikasi baru yaitu 700-an ribu Rupiah. Tentu jika Anda melakukan patch sendiri tanpa pihak lain, biaya ini bisa jadi gratis.

Bagaimana? Apakah sudah jelas perkiraan biaya bikin aplikasi Android yang diperlukan? Bagi Anda yang ingin coba buat aplikasi sendiri dengan harga yang lebih rendah, silahkan kunjungi justapp.id. Di website ini Anda bisa akses tool pembuatan aplikasi yang mudah digunakan dan tentunya lebih murah daripada pesan dari penyedia jasa. Ayo, coba sendiri jika Anda tertarik!

Read More