Berbisnis sebagai Muslim yang Taat

Share

Bisnis merupakan satu kegiatan menjual barang maupun jasa kepada konsumen. Peluang bisnis yang besar membuat banyak orang berani memulai untuk membuka bisnisnya sendiri. Baik dalam skala besar maupun yang memulai secara kecil-kecilan.

Bisnis yang semakin berkembang pesat tentu saja adalah bisnis menjual barang termasuk juga makanan. Namun tidak jarang juga bisnis yang menawarkan jasa. Penyedia jasa juga semakin diminati karena membuat pelanggan menjadi lebih praktis dalam beberapa hal.

Modal Untuk Bisnis

Untuk memulai suatu bisnis tentu saja dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Bisa saja membuka bisnis dengan modal sedikit dan kemudian mengembangkan dari hasil bisnis tersebut namun tentu saja tidak mudah. Maka banyak lembaga yang menawarkan pinjaman modal bagi mereka yang membutuhkan tambahan modal untuk membuka bisnis.

Sayangnya tidak jarang pinjaman yang ditawarkan mengandung riba di dalamnya. Riba adalah penetapan sejumlah bunga dari jumlah pinjaman yang tentu saja dapat memberatkan si peminjam. Di dalam Islam sendiri riba sangat tidak diperbolehkan karena termasuk salah satu dari tujuh dosa besar.

Menjalankan Bisnis Tanpa Riba

Untuk memulai bisnis berkah tanpa riba dapat dilakukan secara bertahap. Seseorang yang berkeinginan untuk membuka usaha tentu saja sudah memiliki modal walaupun hanya sedikit. Dari modal tersebut bisa digunakan untuk memulai usaha kecil-kecilan terlebih dahulu.

Secara bertahap bisnis yang dimulai akan bisa berkembang dibarengi dengan strategi pemasaran dan juga kegigihan. Keuntungan dari modal yang hanya kecil bisa digunakan untuk mengembangkan usahanya.

Mungkin tidak mudah menjalankan bisnis berkah tanpa riba jika modalnya hanya sedikit. Namun tanpa meminjam modal di suatu lembaga bisa menjadikan pelaku bisnis lebih leluasa untuk mengelola penghasilannya.

Misalkan saja seseorang mendapatkan keuntungan sebesar 5 juta dalam satu bulan. Keuntungan tersebut bisa langsung dipergunakan untuk menambah barang yang dijual. Berbeda jika memiliki pinjaman yang harus membagi keuntungan untuk membayar pinjaman.

Bagi yang memulai bisnis berkah tanpa riba dan memang membutuhkan modal awal yang tidak sedikit bisa meminjam modal usaha tanpa riba. Memang terdengar tidak bisa dipercaya bisa meminjam modal dalam jumlah besar tanpa adanya bunga.

Memang pada umumnya lembaga yang melayani peminjaman uang atau modal usaha selalu memberikan bunga kepada orang yang meminjam. Namun tidak sedikit juga lembaga yang mendukung para pelaku bisnis muslim dengan melayani pinjaman usaha tanpa riba.

Hal tersebut tentu saja menjadi kesempatan kepada orang yang membutuhkan modal usaha banyak dan memulai bisnis berkah tanpa riba. Selain terhindar dari dosa juga mempermudah pengembalian di kemudian hari karena tidak ada tanggungan bunga.

Lantas bagaimana cara mengetahui pinjaman mana yang tidak mengandung riba di dalamnya? Tentu saja pihak lembaga akan menerangkan berbagai ketentuan kepada calon peminjam jika memang memilih pinjaman tanpa riba. Namun jika kurang yakin maka bisa mencari info di internet ataupun di buku yang membahas tentang pinjaman tanpa riba.

Read More