Biaya Pembuatan Aplikasi Android Tidak Semahal yang Anda Duga

Share

Banyak orang mengira kebutuhan membuat aplikasi itu mahal. Padahal sekarang ini banyak opsi pilihan terjangkau untuk memiliki aplikasi sendiri. Tentu saja pilihan murah ini tidak akan sebanding dengan aplikasi seperti Gojek ataupun WhatsApp. Tapi untuk sekedar keperluan hobi, pribadi atau UKM, biaya pembuatan aplikasi Android bisa ditekan hingga minimal.

Faktor yang Mempengaruhi Penurunan Harga

Hal yang menekan biaya membuat aplikasi makin turun ada 3 yaitu perkembangan teknologi, persaingan penyedia jasa dan juga persebaran informasi yang makin mudah. Pada faktor pertama tentu sudah jelas. Teknologi akan selalu berusaha membantu manusia. Hal ini berlaku juga untuk keperluan buat aplikasi. Anda bisa lihat betapa banyak tool yang dikembangkan untuk mempermudah seseorang membuat asset dan coding aplikasi mereka sendiri.

Faktor kedua adalah persaingan penyedia jasa. Jika dibandingkan dulu, jumlah penyedia jasa programming aplikasi akan sangat berbeda. Dulu jumlahnya masih sedikit, jadi harga juga mahal. Tapi sekarang penyedia jasa keperluan ini makin banyak. Mereka bersaing untuk mendapatkan pelanggan dengan sengit. Salah satu cara menjadi kompetitif adalah menurunkan harga. Jadinya sekarang jasa buat aplikasi lebih terjangkau dibandingkan dulu.

Faktor terakhir adalah penyebaran informasi. Dulu belajar programming masih terbatas. Anda harus masuk kelas khusus atau ambil jalur pendidikan formal komputer. Sekarang hal ini tidak berlaku lagi. Untuk belajar, Anda bisa akses material dan juga video tutorial lewat internet. Persebaran yang mudah dan gratis ini membuat biaya pembuatan aplikasi Android lebih murah karena bisa dilakukan sendiri.

Banyak Pilihan Sumber Belajar, Tool dan Alat Bantu yang Mudah Diakses

Karena faktor – faktor di atas, akses untuk sumber belajar buat aplikasi, tool membuat dan juga alat bantu desain lebih mudah diakses. Jika Anda cari di internet, Anda bahkan temukan pilihan tool membuat aplikasi Android tanpa coding. Tool ini sangat membantu bagi pemula yang tidak menguasai koding tapi ingin mencoba buat aplikasi sendiri.

Jika bisa membuat aplikasi sendiri, biaya yang dikeluarkan bisa ditekan banyak. Anda hanya butuh membayar hal esensial seperti pengurusan IP aplikasi, server hosting, penggunaan asset berbayar dan tool yang digunakan. Total biaya itu pasti jauh lebih rendah dibandingkan membayar jasa pembuat aplikasi.

Jika Anda perhatikan, tutorial belajar membuat aplikasi Android juga banyak tersedia. Anda bisa akses artikel ataupun video yang mengajarkan secara otodidak hal ini. Biasanya materi ini tidak perlu dibayar dan bisa di akses umum. Tentu jika ingin lebih serius, Anda bisa daftar ke kursus online. Namun jika tidak ada budget, pilihan gratis ini bisa diambil.

Jadi Jangan Takut Mencoba Buat Aplikasi Sendiri!

Dari bahasan di atas, Anda bisa tahu jalan membuat aplikasi dengan harga yang tidak terlalu mahal. Jika untuk sekedar belajar, Anda bahkan bisa buat aplikasi sendiri tanpa biaya sepeserpun. Berkat perkembangan dunia maya dan persebaran informasi, semua orang bisa mencoba buat aplikasi secara mandiri.

Tentu bagi para pemula, proses belajar membaut aplikasi akan memakan waktu dan usaha. Tapi jika sudah ahli, Anda tidak hanya bisa membuat aplikasi dengan biaya minimal, tapi juga menawarkan jasa untuk menjadi jalur karier.

Jadi jangan takut akan biaya pembuatan aplikasi Android yang tinggi. Jika Anda tertarik belajar membuat sendiri untuk menekan biaya lebih, silahkan gunakan justapp.id! Program layanan mobile builder ini sangat mudah dipakai. Jika Anda kunjungi websitenya, Anda bahkan bisa bergabung dengan komunitas untuk diarahkan belajar lebih mudah. Jika tertarik, langsung saja kunjungi websitenya dan coba buat aplikasi Anda sendiri!

Read More