Cara Membuat Aplikasi Android Berbasis Web

Share

Aplikasi merupakan salah satu produk hasil dari perkembangan zaman yang semakin canggih. Aplikasi sendiri adalah jenis perangkat lunak yang memanfaatkan sistem komputer dengan tujuan untuk kebutuhan penggunanya.

Pada era sekarang ini, kita tentu tidak bisa membayangkan penggunaan komputer tanpa aplikasi, atau menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah tanpa aplikasi.

Aplikasi menjadi salah satu komponen penting bagi manusia dalam berkegiatan. Berbagai macam jenis aplikasi, mulai dengan tujuan hiburan, komunikasi, informasi, pendidikan, bisnis, hingga untuk menyelesaikan pekerjaan bisa Anda temui pada situs dan layanan penyedia aplikasi. Aplikasi dengan basis web juga menjadi salah satu yang banyak digunakan.

Oleh karena kebutuhan aplikasi semakin lama semakin meningkat, maka creator pun berlomba-lomba untuk dapat membuat aplikasi untuk android yang diminati oleh pasaran.

Bagaimana cara membuat aplikasi android berbasis web? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Membuat Aplikasi

Merancang aplikasi

Semua proses pekerjaan membutuhkan rancangan, supaya hasil kerja dapat terukur. Hal ini termasuk juga dengan cara membuat aplikasi web android.

Perlu dibuat rancangan aplikasi terlebih dahulu, mulai dari tujuan creator membuat aplikasi android berbasis web, komponen dan bahan yang diperlukan, hingga desain termasuk tema, dan warnanya.

Rancangan aplikasi ini juga harus dapat dihitung anggarannya, supaya creator bisa mempersiapkannya.

Menganalisis aplikasi

Cara membuat aplikasi android berbasis web selanjutnya adalah mengidentifikasi dan menganalisis sistem kerja yang beroperasi pada aplikasi. Apakah sistem kerjanya telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Proses analisa aplikasi ini dapat dilakukan oleh ahli analis yang paham mengenai sistem kerja aplikasi yang tengah dianalisis.

Proses analisa ini menjadi bagian yang amat penting ketika membuat suatu aplikasi, karena akan menentukan apa yang dapat dilakukan atau terjadi dengan kelanjutan aplikasi yang sedang dibuat nantinya.

Mendesain aplikasi

Desain merupakan penentu dari tampilan aplikasi. User interface yang memudahkan tentu akan lebih disenangi oleh si pemakai. Kesalahan desain dapat menghambat proses.

Dalam pembuatan aplikasi berbasis android, terdapat dua desain penting yang perlu diperhatikan, yaitu desain proses bisnis dan desain pemrograman. Desain pemrograman sendiri kemudian dibagi menjadi desain database, detain screen layout, desain diagram proses, dan desain report layout.

Memprogram aplikasi

Aplikasi selanjutnya memasuki tahap pemrograman. Pemrograman dilakukan dengan menuliskan program pada aplikasi dengan menyesuaikannya menggunakan bahasa pemrograman berdasarkan algoritma atau logika tertentu. Pemrograman juga dilakukan oleh ahlinya. Untuk menjadi ahli pemrograman, diperlukan orang yang paham mengenai bahasa pemrograman.

Uji coba aplikasi

Sebelum diluncurkan ke publik, aplikasi harus diuji coba terlebih dahulu. Uji coba diperlukan untuk mengetahui kelayakan aplikasi. Apakah aplikasi yang telah dibuat sudah sesuai standar? Apakah aplikasi yang telah dibuat telah memenuhi ekspektasi penggunanya?

Hal ini dapat meliputi kemudahan penggunaan, tampilan, kecepatan aplikasi, dan sebagainya. Semua aplikasi tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Hasil uji tersebut diperlukan untuk keperluan perbaikan. Meskipun tidak ada aplikasi buatan manusia yang seratus persen sempurna, setidaknya aplikasi yang dibuat telah mencapai ekspektasi pembuatnya.

Mengimplementasikan aplikasi

Implementasi merupakan suatu proses penerapan aplikasi yang telah dibuat pada kehidupan dan kegiatan manusia dengan tujuan menggantikan atau pelengkap dari metode atau aplikasi sebelumnya. Tujuannya tentu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik atau proses menjadi lebih cepat.

Penciptaan aplikasi sebenarnya tidak lepas dari siapa sasaran penggunaan aplikasi tersebut. Maka, sudah seharusnya proses membuat aplikasi webview online terfokus pada sasarannya, entah itu tampilan atau desain, kemudahan, ataupun kenyamanannya.

Anda dapat mulai dengan mengidentifikasi sasaran. Mulai dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, waktu penggunaan aplikasi, dan sebagainya.

Hal selanjutnya pada proses implementasi aplikasi adalah dengan menyosialisasikan aplikasi kepada sasaran untuk kemudian dinilai keefektifannya pada kegiatan atau pekerjaan mereka.

Membuat aplikasi tanpa coding

Creator tentu menginginkan pembuatan aplikasi yang mudah tanpa harus mengerti bahasa pemrograman dan melakukan coding yang tidak semua orang bisa melakukannya, tanpa pengalaman dan pelatihan khusus. Anda bisa membuat aplikasi android tanpa coding dengan cara menggunakan perangkat lunak pembuat aplikasi.

Just Apps merupakan salah satu jasa pembuat aplikasi terpercaya yang berfokus pada pelaku UMKM untuk dapat meningkatkan pemasaran produk mereka. Penggunaan JustApp sendiri dimaksudkan supaya pemasaran produk UMKM dapat merambah online, yang mana merupakan salah satu jenis pemasaran paling efektif terutama di era sekarang.

JustApp adalah solusi bagi produktifitas UMKM untuk berkembang. Dengan modal yang terjangkau, para pelaku UMKM ini dapat membuat aplikasi android mudah dan mendesainnya sendiri dengan tampilan yang dikehendaki.

Harga dari pembuatan aplikasi di JustApp hanya berkisar antara ratusan ribu hingga 1,5 juta rupiah saj, karena dibagi dalam kategori yaitu student, gold, platinum, dan unlimited.

Aplikasi apa saja yang dapat dibuat melalui JustApp? Ada banyak macam aplikasi yang dapat dibuat melalui JustApp, di antaranya adalah perhotelan, pariwisata, kuliner, kesehatan, start up, musik, permainan, properti, jasa, online shop, dan sebagainya.

Daftar JustApp

Sebelum membuat membuat aplikasi berbasis android, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar pada https://justapp.id/. Kemudian, Anda mengisi data-data yang diperlukan sesuai dengan kolom yang disediakan, yaitu meliputi nama lengkap, alamat email, kata sandi, dan nomor handphone aktif Anda.

Login pada JustApp

Setelah mendaftar, Anda login pada JustApp. Pilih menu Create a new application. Masukkan nama aplikasi Anda, minimal 6 huruf. Selanjutnya, pilih subscription sesuai dengan kategori harga yang Anda pilih misalnya platinum, gold, student, atau unlimited.

Atur aplikasi

Untuk mendesain aplikasi, langkah selanjutnya adalah Anda mengklik Manage, maka akan muncul tampilan pada bagian kiri layar di antaranya adalah pada menu Editor, ada berbagai pilihan yang dapat Anda klik untuk mengatur aplikasi Anda.

Design, untuk memilih desain pada tampilan aplikasi, misalnya adalah tampilan homepage, layout, template. Anda bisa memilih template, kemudian memilih layout sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa memilih desain sesuai dengan jenis produk yang akan Anda tawarkan. Desain ini dapat melambangkan personaliti dari produk Anda.

Colors, untuk memilih warna pada aplikasi

Features, untuk memilih fitur yang ada pada halaman aplikasi, seperti menambahkan halaman, menambahkan video, memilih ikon, menambahkan background, dan sebagainya. Buat fitur selengkap mungkin yang tujuannya memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi Anda tersebut.

Application, Anda bisa melakukan pengaturan untuk Android, notifikasi update, awal loading aplikasi dengan splashscreen, ikon, dan sebagainya.

Publication, untuk memberikan informasi mengenai aplikasi yang Anda buat, di antaranya adalah webapp link, application name, application ID, bundle ID, dan package name. Anda juga bisa memonetisasi dan mengisi kode sumber aplikasi Anda

Ketika segala proses cara membuat aplikasi android berbasis web telah Anda lakukan, maka aplikasi Anda sudah dapat diluncurkan. Jangan lupa untuk melakukan uji coba kepada sasaran sehingga mereka dapat memberikan penilaian terhadap aplikasi Anda.

Aplikasi tujuannya adalah untuk memudahkan dan mempercepat proses, namun jika dua hal tersebut belum sesuai ekspektasi, maka tidak ada salahnya untuk terus memperbaiki program menjadi lebih baik lagi.

Read More