Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Share

Di era digital seperti sekarang, membuat aplikasi android tanpa coding bisa dilakukan dengan mudah. Anda yang tidak memiliki skill pemrograman pun bisa menciptakan aplikasi sendiri.

Sistem operasi android mendominasi smartphone di seluruh dunia. Bahkan jumlah penggunanya mempunyai persentase yang sangat besar. Jika melihat tingginya pengguna adnroid, kebutuhan akan aplikasi pun kian bertambah. Tak mengherankan jika banyak orang mencoba peruntungan dengan membuat aplikasi sendiri.

Saat ini ada berbagai situs dan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi tanpa coding. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Namun, sebelum membuat aplikasi sendiri ada beberapa persiapan yang harus lakukan.

Persiapan dan Tahapan Membuat Aplikasi Android

Ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan sebelum membuat aplikasi android. Persiapan diperlukan agar aplikasi yang dibuat memiliki tampilan menarik dan mudah untuk digunakan. Persiapan ini mulai dari memilih software buat aplikasi android, memilih konsep yang pas, hingga menentukan anggaran.

Tentukan aplikasi apa yang akan dibuat

Tahap pertama adalah menentukan tujuan aplikasi tersebut. Apakah untuk mengembangkan bisnis Anda, untuk toko online, aplikasi traveller, atau untuk keperluan lainnya. Dengan mengenali tujuan aplikasi yang dibuat, Anda akan lebih mudah menentukan desain maupun konsep untuk membuat aplikasi yang friendly user interface.

Merancang konsep aplikasi

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa merancang konsep aplikasi erat kaitannya dengan tujuan aplikasi itu sendiri. Konsep harus menyesuaikan dengan kegunaan aplikasi tersebut, kontribusi yang bisa diberikan, dan masalah yang dapat dipecahkan. Selain itu, pada tahap ini Anda perlu menentukan strategi pemasaran yang tepat agar aplikasi tersebut diunduh banyak orang.

Melakukan riset sebelum membuat aplikasi

Sebelum membangun program untuk membuat aplikasi android, diperlukan riset untuk mengembangkan ide yang sudah Anda miliki. Melalui riset yang kuat Anda dapat bersaing dengan kompetitor yang menciptakan aplikasi serupa. Yang terpenting dari riset adalah Anda dapat mengelola kelemahan aplikasi lain untuk dijadikan kelebihan bagi aplikasi android yang Anda buat.

Memilih software pembuat aplikasi android yang tepat

Perangkat lunak atau softawer adalah poin penting yang harus diperhatikan, sebab Anda akan membuat aplikasi tanpa coding. Ada beberapa pertimbangan yang dapat Anda lakukan dalam memilih software untuk membuat aplikasi android. Mulai dari layanan yang diberikan, harga, hingga fitur yang disediakan untuk merancang aplikasi. Jika Anda menginginkan akses yang tidak terbatas, layanan berbayar adalah pilihan yang tepat.

Mulai mendesain tampilan

Umumnya situs atau software untuk membuat aplikasi android dilengkapi dengan fitur yang memudahkan penggunanya untuk merancang aplikasi. Setelah Anda menemukan perangkat lunak yang pas dan sesuai dengan kebutuhan, saatnya untuk mendesain tampilan aplikasi.

Agar aplikasi dapat menarik minat pengguna, user interface haruslah Anda buat semenarik mungkin. Sebab inilah yang akan menjadi daya tarik dari aplikasi android. Semakin menarik user interface yang Anda buat, dan semakin lengkap fitur aplikasi yang Anda sematkan, maka semakin tinggi pula kemungkinan aplikasi Anda untuk diunduh banyak orang.

Rilis aplikasi

Jika semua tahapan sudah Anda lakukan dan aplikasi yang dibuat dapat berjalan dengan lancar, tahap terakhir adalah merilis aplikasi tersebut. Anda bisa merilisnya di PlayStore. Kendati demikian ini bukanlah tahapan paling akhir. Sebab seiring penggunaan, Anda perlu melakukan perbaikan maupun pembaruan untuk mencukupi kebutuhan pengguna aplikasi Anda.

Rekomendasi Software untuk Membuat Aplikasi Android

Banyaknya software dan situs yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi tanpa coding bisa jadi keuntungan tersendiri. Namun, hal ini menuntut Anda untuk lebih selektif lagi dalam memilih software yang tepat.

Baca Juga : Program Untuk Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding Praktis !

JustApp

Keuntungan utama yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan aplikasi ini adalah dapat membuat aplikasi android tanpa coding. Meskipun Anda tak memiliki skill sama sekali, Anda bisa membangun aplikasi menakjubkan.

Cara membuat aplikasi android menggunakan JustApp pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan akun dan membuat aplikasi sesuai yang Anda inginkan. Supaya tampilan aplikasi terlihat lebih menarik, Anda bisa menambahkan berbagai macam fitur. Mulai dari survei, audio, video, hingga peta. Fitur-fitur ini telah disediakan oleh JustApp, sehingga Anda hanya perlu menambahkannya saja. Begitu pun dengan template aplikasi.

Selain membuat aplikasi untuk android, Anda dapat membuat aplikasi untuk iOS melalui situs ini. Setelah menyelesaikan semua tahapan dalam membuat aplikasi, Anda hanya perlu mempublikasikan aplikasi tersebut ke Google Play maupun AppStore.

Untuk bisa menikmati kemudahan yang ditawarkan JustApp dalam membuat aplikasi android, ada sejumlah biaya yang harus Anda keluarkan. Biaya bikin aplikasi android ini sebanding dengan fasilitas yang akan didapat. Ada empat paket yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

Paket Tak Terbatas

Sesuai dengan namanya, paket ini memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi projek tanpa batas. Anda juga akan mendapatkan template premium, fitur ojek online, dukungan penuh jarak jauh, kode sumber, label putih, dan bisa mempublikasikan aplikasi tersebut di Playstore secara gratis. Rincian biaya pembuatan aplikasi android dengan paket ini adalah sekitar Rp 1.49 juta per tahunnya.

Paket Siswa

Biaya membuat aplikasi android dengan paket ini jauh lebih terjangkau dibanding sebelumnya. Yakni sekitar Rp 99.000 per tahun. Akan tetapi, fitur yang didapat pun berbeda dari paket sebelumnya. Anda akan mendapatkan 10 aplikasi projek, pelacakan analytics, App previewer AppsBuilder, kode QR, pop-up promosi, monetisasi, dan bergabung dengan hrup dukungan.

Pilihan Cerdas

Dengan biaya Rp 399.000 per tahunnya, Anda bisa memperoleh fasilitas yang cukup menguntungkan. Yakni 50 aplikasi projek, fitur premium, kode sumber, template premium, bergabung dengan grup dukungan, monetisasi, dan membuat aplikasi untuk iOS

Seumur hidup

Biaya buat aplikasi android dengan paket seumur hidup membutuhkan biaya Rp 1.99 juta dan aplikasi Anda akan aktif selamanya. Ada berbagai fitur menarik yang dapat Anda peroleh melalui paket ini. Yaitu aplikasi projek tanpa batas, kode sumber, publikasi Playstore secara gratis, template premium, bergabung dengan grup dukungan, bangun iOS dan monetisasi.

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Software Membuat Aplikasi Android?

Karena tak membutuhkan skill pemrograman untuk membuat aplikasi android melalui situs ini, siapapun bisa menggunakan layanannya. Baik itu perusahaan, organisasi maupun individu. Membuat aplikasi android sendiri memiliki beberapa keuntungan. Terlebih jika Anda mengelola bisnis sendiri.

Setelah mengetahui tahap persiapan, rekomendasi software, hingga rincian biaya membuat aplikasi android, saatnya untuk merancang aplikasi Anda sendiri. Pastikan aplikasi yang Anda buat mampu memberi solusi sekecil apapun itu untuk penggunanya.

Anda dapat memilih paket sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan budget yang ada. Dengan begitu, membuat aplikasi android tidak akan menguras banyak biaya. Nah tunggu apa lagi? Tuangkan ide yang Anda miliki dan mulailah membuat aplikasi android tanpa coding melalui JustApp. Selamat mencoba.

Read More