Dimana Cari Modal Usaha Tanpa Riba

Share

Cari Modal usaha tanpa riba bisa dari mana saja sumbernya. Jadi bagi  yang sedang butuh modal usaha tanpa riba bisa mencoba mengajukan permohonannya kepada beberapa lembaga keuangan non riba yang ada, guna mendapatkan modal usaha tanpa riba.

Beberapa Lembaga Non Riba

Berikut ini adalah beberapa lembaga non riba tersebut.

Bank Umum Syariah

Diawali dengan Bank Mualamat  maka kini hampir seluruh bank umum konvensional juga mendirikan bank syariah nya masing-masing, yakni ada bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah dan lain sebagainya. Bank umum syariah tersebut menjalankan usahanya dengan berusaha memenuhi prinsip-prinsip syariah dan diawasi oleh lembaga pengawas syariah. Pinjaman diberikan tanpa bunga, hanya ada bagi hasil, pada keseluruhan jenis produknya. Berbagai produk tersebut bisa berupa aneka tenor kredit pinjaman, lalu kartu kredit dan lain sebagainya.

BPR Syariah

BPR atau Bank Perkreditan Rakyat juga sudah ada yang berbentuk syariah. Bagi bisnis usaha yang lokasinya di wilayah kerja BPR Syariah tersebut bisa mengajukan permohonan pinjaman tanpa bunga. Pinjaman diberikan tanpa bunga, hanya ada bagi hasil.

Pegadaian Syariah

Selain bentuk bank maka juga sudah ada pegadaian syariah.

Koperasi Simpan Pinjam Syariah

Selain itu juga ada koperasi simpan pinjam yang didirikan dan dikelola dengan memperhatikan prinsip-prinsip syariah. Sehingga bagi anggotanya maka bisa mengajukan pinjaman tanpa bunga. Pinjaman diberikan tanpa bunga, hanya ada bagi hasil.

Lembaga Wakaf

Ada pula lembaga khusus yang mengelola harta wakaf yang bisa disalurkan untuk menjadi modal usaha bagi yang memenuhi syarat tanpa dikenakan bunga.

Lembaga Zakat

Juga ada lembaga pengumpul dana zakat umat, yang tak seluruhnya dihabiskan untuk keperluan konsumsi saja tapi juga dimanfaatkan dipinjamkan sebagai bentuk permodalan produktif tanpa dikenakan bunga. Jadi tak hanya akan memberikan ikannya saja tapi juga memberikan kailnya, itu pemikiran dan prinsip yang mendasarinya.

Prinsip Syariah

Beberapa prinsip Syariah itu antara lain ialah meliputi hal sebagai berikut.

Tanpa Bunga, hanya ada Bagi Hasil

Jadi jika suatu bisnis usaha yang dibiayai mendatangkan keuntungan maka tingkat keuntungan tersebut akan dibagi sesuai kesepakatan pembagiannya, dan disebut sebagai bagi hasil.

Tanpa Denda

Lalu jika terjadi atau timbul kerugian sehingga terpaksa terlambat mencicil pinjaman atau hutang  maka akan dicarikan solusinya secara bersama yang terbaik dan saling menguntungkan, tak akan ada denda atau penalti dan lain sebagainya. Hal ini karena tiap kasus adalah khusus  jadi tak bisa disamakan juga cara penanganannya untuk mencari solusi terbaiknya.

Dan lain sebagainya.

Jadi pada intinya kedua belah pihak yakni pihak peminjam dan juga pihak yang meminjamkan sama-sama diuntungkan dan tidak memberatkan satu sama lain. Prinsip keadilan dan juga kejujuran dipegang erat dan dijalankan dengan penuh komitmen. Hal tersebut yang membedakan penerapan prinsip usaha syariah tanpa riba dengan yang konvensional.

Read More