Prestasi Umar bin Abdul Aziz Pada Masanya

Share

Umar bin Abdul Aziz merupakan salah satu khalifah pada zaman Bani Umayyah. Prestasi Umar bin Abdul Aziz yang sangat gemilang membuatnya dikenal oleh muslim di seluruh dunia.

Umar bin Abdul Aziz ditunjuk sebagai khalifah setelah Sulaiman bin Abdul Malik. Beliau memiliki masa pemerintahan yang singkat, yakni selama 2 tahun. Namun masa pemerintahan yang singkat membuatnya disebut dengan ‘lembaran putih’ masa Bani Umayyah. Ia memiliki periode yang berdiri sendiri dengan karakter yang sama sekali tidak terpengaruh oleh berbagai kebijakan Bani Umayyah.

Umar bin Abdul Aziz merupakan sosok khalifah yang memiliki personifikasi bersih dan takwa. Bahkan, ia menjadi khalifah yang sangat mencintai Islam dan mendalaminya. Selain itu, ia juga memerintahkan kepada kaum Muslimin untuk menulis sebuah hadits yang merupakan perintah resmi pertama dari penguasa Islam.

Saat berkuasa, ia juga menerapkan sebuah metode yang menjadi pegangannya. Diantaranya seperti penjagaan harta umat Islam, efisiensi waktu dan tenaga, kecepatan penanganan urusan, penyederhanaan birokasi, penyelesaian hakim, kepala daerah, dan pejabat, perwujudan keseimbangan di tengah masyarakat, penghapusan semua aktivitas yang tidak sejalan dengan Islam, dan dialog persuasive dengan para pemberontak secara baik.

Kemudian terdapat sejumlah kebijakan yang dilakukan oleh Umar bin Abdul Aziz ketika berkuasa. Mulai dari memecat para pejabat yang zhalim dan kemudian menggantinya dengan pajabat baru yang adil dan benar, meski bukan dari golongan Umayyah. Selain itu, ia juga menghapuskan hak istimewa yang diberikankan kepadanya beserta keluarganya.

Sistem politik yang dibangun oleh Umar bin Abdul Aziz yang dianutnya adalah sistem politik amar ma’ruf nahi mungkar. Ia menggunakan sistem politik yang lebih memihak kepada rakyat yang lebih lemah. Bahkan ia juga menghilangkan sejumlah deskriminasi pada masyarakat.

Sedangkan dalam mengelola pemeritahan, ia juga berhasil membawa sebuah kemakmuran yang berlimpah. Hal tersebut membuat para muzakki atau pembayar zakat kesulitan dalam memberikan zakat. Hal ini dikarenakan masyarakatnya menjadi sangat makmur dalam kurun waktu 2 setengah tahun tersebut.

Prestasi Khalifah Umar bin Abdul Aziz Pada Masanya.

Khalifah Umar bin Abdul Aziz memiliki gaya kepemimpinan dan pola hidup yang sangat hebat. Hal tersebut memberikan sebuah prestasi yang menggembirakan. Diantaranya adalah pada bidang agama, ilmu pengetahuan, sosial politik, ekonomi, militer, serta dakwah dan perluasan wilayah.

Bidang agama

Di bawah ini merupakan Prestasi Umar bin Abdul Aziz Pada Masanya dalam bidang agama yang ia raih.

  • Menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah nabi menjadi ajaran lagi.
  • Membuat sebuah agenda kerja sama bersama dengan para ulama besar. Seperti Sulaiman bin Umar dan Hasan Al Basri.
  • Menetapkan hukum yang didasarkan dari syariah Islam.
  • Mengumpulkan sejumlah hadits dan kemudian dipilah antara hadits yang sahih dan palsu. Pemilihan hadits tersebut dikerjakan oleh Imam Muhammad bin Muslim bin Syihab Az-Zuhri.

Bidang pengetahuan

Kemudian pada bilang ilmu pengetahuan, Umar bin Abdul Aziz mengadakan sebuah pertemuan pendalaman pada ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah dengan memindahkan sekolah kedokteran dari Iskandariyah (Mesir) ke Antioke dan Harran (Turki).

Bidang sosial politik

Selain di bidang Agama dan ilmu pengetahuan, Umar bin Abdul Aziz juga memiliki gebrakan besar pada bidang sosial politik. Diantara gebrakannya adalah :

  • Menggunakan perilaku politik yang dilandari dari nilai kebenaran dan keadilan
  • Mengutus delegasi dalam mengawasi kinerja para gubernur. Hal ini dilakukan di sejumlah daerah, supaya bisa menerapkan kebenaran dan keadilan dalam menjadi pemimpin
  • Memecat para gubernur yang tidak melaksanakan perintah agama dan senang menzhalimi rakyatnya. Kemudian diganti dengan gubernur yang takwa dan bersih.

Bidang ekonomi

Khalifah Umar bin Abdul Aziz sendiri juga memiliki prestasi pada bidang ekonomi. Diantaranya adalah :

  • Menjadikan pajak rakyat semakin ringan
  • Membuat aturan terkait dengan pelaksanaan timbangan dan takaran
  • Membentas model kerja paksa
  • Memberdayakan lahan pertanian, membangun irigasi, sumur, dan jalan raya
  • Lebih memprioritaskan fakir miskin dan anak yatim.

Bidang militer

Memang, Khalifah Umar bin Abdul Aziz tidak memprioritaskan bidang militer ketika menjadi pemimpin. Namun, tidak berarti ia memiliki angkatan perang yang tidak hebat. Sebab, kepemimpinanya lebih berorientasi pada upaya dalam menciptakan kesejahteraan rakyat. Hal tersebut membuatnya lebih cenderung melakukan pembangunan dalam negeri.

Bidang dakwah dan perluasan wilayah

Prestasi Umar bin Abdul Aziz Pada Masanya memiliki orientasi dalam kepemimpinanya. Ia berhasil memperluas wilayah dengan metode dakwah serta penekanan amar ma’ruf nahi mungkar. Bahkan dalam perluasan wilayah, ia tidak menggunakan kekuatan militer.

Selain itu, tradisi lama yang sering mencela Ali bin Abi Thalib beserta keluarganya saat khutbah Shalat Jum’at tidak lagi dilakukan pada kepemiminan Umar bin Abdul Aziz. Sebab menurutnya, hal tersebut tidaklah baik. Khalifah Umar bin Abdul Aziz lebih suka membacakan firman Allah SWT yang telah termaktub dalam Al-Qur;an surat An-Nahl/16 ayat 90.

Kehebatan Umar bin Abdul Azis

Umar bin Abdul Aziz menjadi khalifah dalam waktu yang cukup singkat, yakni 2 setengah tahun. Namun, ia memiliki pretasi yang sangat luar biasa. Ia melakukan pembangunan dalam segala bidang, terutama pada kesejahteraan rakyat. Bahkan ketika memimpin, ia juga selalu memberi contoh. Seperti menerapkan gaya hidup sederhana dan tidak melakukan korupsi serta nepotisme.

Bahkan setelah menjadi khalifah, ia meninggalkan sejumlah hal yang disukainnya. Misalnya menggunakan pakaian dari bahan sutera menjadi pakaian dari bahan yang sederhana. Terlebih lagi, ia juga meninggalkan kesukaanya menggunakan wewangian.

Kehebatan Umar bin Abdul Aziz yang diacungi jempol oleh masyarakatnya. Sebab, semua harta kekayaan miliknya beserta istri yang berupa tanah perkebunan dan perhiasan dijual, kemudian hasilnya diserahkan ke Baitul Mal. Terlebih lagi, ia juga mengharamkan dirinya dalam menggunakan kekayaan negara bagi dirinya serta keluarganya.

Umar bin Abdul Aziz diakui kehebatannya sebagai khalifah. Ia juga meninggalkan banyak sekali jasa yang bermanfaat pada khazanah pemerintahan Islam. Diantaranya adalah :

  • Menumbuhkan rasa damai yang didasarkan dari syariat Islam
  • Membuat kesejahteraan rakyat
  • Menjunjung tinggi hak asasi manusia
  • Membuat undang-undang terkait dengan pertanahan yang didasarkan keadilan
  • Membuka lahan pertanian dan sekaligus dengan pembangunan irigasi beserta sistem pengalirannya
  • Mendirikan banyak masjid sebagai sarana syiar dan dakwah Islam
  • Membuat anggaran dana dan diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu
  • Membukukan banyak sekali hadits Rasulullah SAW dan memilih mana hadits sahih dan hadits palsu.

Umar bin Abdul Aziz merupakan contok sosok pemimpin yang selama menjabat memilih untuk melayani rakyatnya. Bahkan ia memiliki pengorbanan ketika memulai bekerja sebagai Amirul Mukminin. Bahkan seorang pendamping setiannya diminta untuk memilih hidup sederhana bersama dirinya atau berpisah dari dirinya. Akhirnya, seorang pendamping tersebut memilih hidup sederhana bersama Umar bin Abdul Aziz yang membuatnya tahan terhadap godaan untuk berbuat zhalim dan menindas rakyatnya.

Read More

3 Responses

  1. November 16, 2020

    […] suami, mimin punya artikel bagus banget nih cocok buat di baca bareng anak tercinta simak ini yaa Prestasi Umar bin Abdul Aziz […]

  2. November 17, 2020

    […] Disini penulis punya suritauladan yang patut di contoh untuk kehidupan, Read Here […]

  3. November 23, 2020

    […] islam setelah Nabi Muhammad Saw yang patut di contoh pemimpin pemimpin umat yang lain. Baca juga Prestasi Umar bin Abdul Aziz sebagai teladan untuk […]