Kiat Membangun Bisnis Tanpa Riba

Share

Membangun bisnis tanpa riba bukan suatu hal yang mustahil. Terdapat banyak bisnis syariah tanpa riba yang bisa dipilih dengan pembiayaan modal usaha tanpa riba.

Beberapa Jenis Bisnis Syariah

Bisnis syariah yang bisa dipilih untuk ditekuni itu antara lain ada sebagai berikut.

Jual Beli Produk Barang Halal

Segala transaksi jual beli produk yang halal jika dilakukan secara syari sesuai ketentuan syariah maka merupakan bisnis syariah. Jadi bisa itu berupa transaksi bisnis jual beli emas, atau jual beli buku-buku agama atau jual beli baju muslim yang syari sesuai ketentuan syariah, hingga jual beli bisnis aneka kuliner halal yang dijual secara syariah yakni antara lain produk bahan bakunya halal juga cara memasak atau meramu sajian hidangan kulinernya juga halal dan tidak dijual kepada orang yang sedang berpuasa, terutama saat puasa wajib di bulan Ramadhan di siang hari lada saat waktunya wajib berpuasa, misalnya serta adanya kesepakatan saling ridho terhadap harganya antara pihak penjual dengan pihak pembelinya dan lain sebagainya..

Bisnis Hotel Syariah

Lalu bisnis syariah yang lainnya lagi ialah seperti bisnis jual beli jasa secara syariah, dalam hal ini adalah jasa perhotelan yang syariah. Perbedaan antara bisnis perhotelan syariah dengan yang konvensional itu antara lain sebagai berikut.

Seleksi Ketat Tamu yang Menginap

Pada hotel syariah tidak bisa sembarang pasangan menginap pada satu kamar yang sama. Hanya pasangan suami istri yang sah saja, yang dibuktikan dengan ID KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan Surat Nikah yang bisa menginap di satu kamar yang sama di Hotel Syariah. Hal ini berbeda dengan ketentuan di hotel konvensional yang membebaskan tanpa perlu memeriksanya. Dengan demikian maka akan banyak keluarga dan para istri atau suami yang merasa tenang jika pasangannya menginap di hotel syariah lada saat harus bepergian ke luar kota untuk berbagai urusan pekerjaan.

Sajian Makanan yang Halal

Selain itu juga sajian makanannya diseleksi hanya ada makanan yang halal saja, jadi tidak akan bisa ditemui adanya alkohol dan juga daging tak halal yang disediakan di hotel syariah itu.

Itulah perbedaan utamanya, sedangkan berbagai fasilitasnya bisa saja sama kualitasnya namun dengan pemisahan antara fasilitas bagi kaum pria dan kaum wanita. Seperti pada fasilitas kolam renang atau juga fasilitas pijit dan relaksasi atau spa-nya dan lain sebagainya.

Sumber Pembiayaan yang sesuai Syariah

Selain jenis bisnis usahanya, maka modal usahanya juga harus bersumber dari yang halal dan syari, yakni bisa seperti dari dana perbankan syariah, atau dana wakaf atau dana zakat dan lain sebagainya yang diberdayakan dan dikelola secara syari.

Dengan melaksanakan prinsip-prinsip syariah dalam bisnis maka hati pun akan lebih tenteram dan hasil pendapatan laba yang masuk juga akan menjadi berkah rezekinya.

Read More