Modal Usaha Anti Riba dan Anti Ribet

Share

Pinjaman di bank dengan bunga beberapa persen dari jumlah pinjamannya termasuk salah satu bentuk riba. Riba dilarang dalam agama Islam karena termasuk salah satu dari tujuh dosa besar. Maka sebaiknya hindari meminjam uang di bank maupun di lembaga manapun yang mengandung riba di dalamnya.

Pelaku usaha tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mengembangkan usaha maupun bagi yang baru akan memulai usahanya. Hal ini tentu membuat seseorang ingin untuk melakukan pinjaman ke suatu lembaga agar cepat mendapat modal yang dibutuhkan.

Untuk mendapatkan dana yang tidak sedikit namun tidak melakukan praktik riba memilih pinjaman usaha tanpa riba bisa menjadi solusinya. Lembaga yang memiliki label syariah kebanyakan melayani peminjaman modal usaha tanpa riba sehingga tidak ada bunga yang harus ditanggung.

Peminjaman tanpa bunga memang berbeda dengan peminjaman biasanya yang ditawarkan dengan suku bunga tertentu. Namun biasanya pihak lembaga yang melayani peminjaman tanpa bunga memerlukan jaminan seperti halnya pinjaman dengan bunga yang tentu saja adalah hal yang wajar.

Peminjaman Modal dengan Cermat

Untuk melakukan pinjaman usaha tanpa riba harus mempertimbangkan beberapa hal. Hitunglah dengan cermat berapa jumlah modal usaha yang akan dipinjam. Jangan terlalu besar meminjam modal usaha sehingga akan kesusahan untuk mengembalikannya.

Hitunglah berapa kira-kira pendapatan yang diperoleh. Serta perkirakan kemungkinan ketertarikan pasar terhadap produk yang akan ditawarkan. Jika semakin cepat produk terjual maka pelunasan pinjaman akan bisa dilakukan dengan cepat juga.

Pahami juga syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk memilih pinjaman usaha tanpa riba. Karena setiap lembaga pasti akan mengajukan persyaratan yang berbeda. Begitu juga jaminan yang harus digunakan untuk melakukan pinjaman modal dengan jumlah tertentu.

Bank dan beberapa lembaga peminjaman modal memang sangat sudah diketahui dan digunakan jasanya untuk peminjaman modal. Namun beberapa orang yang memang tidak memiliki banyak waktu tentu saja memerlukan kepraktisan termasuk juga dalam peminjaman modal.

Pinjaman Tanpa Bunga yang Praktis

Saat ini banyak bermunculan penyedia jasa peminjaman modal yang berbasis online. Dengan demikian calon peminjam modal bisa melakukan transaksi secara praktis dan mudah. Meski demikian untuk mendapatkan pinjaman usaha tanpa riba secara online harus mengetahui ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Karena riba merupakan larangan di agama Islam, maka peraturan tentang ketentuan pinjaman tanpa bunga juga diatur oleh Majelis Ulama Indonesia. Pinjaman modal secara online boleh dan halal dilakukan apabila akad perjanjiannya sesuai dengan prinsip syariah dan tidak mengandung riba di dalamnya.

Meskipun dilakukan secara online tentu pihak penyelenggara memerlukan jaminan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Calon peminjam juga harus jeli dalam memilih penyedia jasa agar tidak ada penipuan.

Dengan adanya pinjaman modal tanpa riba dan kemudahan yang ditawarkan maka akan membuka peluang usaha tanpa riba yang lebih besar. Banyak orang yang akan tertarik untuk melakukan pinjaman dan melakukan bisnis karena tidak ada tanggungan bunga.

Read More