Peluang Bisnis Online Tanpa Riba

Share

Manusia akan selalu mengusahakan berbagai cara agar dapat mencapai sebuah titik kesuksesan yang mereka inginkan, di mana biasanya cara tersebut akan selalu diusahakan tetap mengikuti jalan yang benar. Salah satu usaha manusia dalam mencapai titik kesuksesan atau kemakmuran dalam hidup tersebut adalah dengan membangun bisnisnya sendiri. Namun, tidak jarang banyak orang yang beranggapan bahwa berbisnis akan selalu melibatkan uang riba yang menjadikan bisnis tersebut tidak lagi dianggap “suci”. Akan tetapi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan perihal bahwa semua bisnis akan sama saja sifatnya. Ada beberapa jenis bisnis online tanpa riba yang dapat menggunakan modal usaha tanpa riba. Artikel ini akan membahas beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memulai usaha tanpa riba yang dapat Anda pertimbangkan dan mungkin sesuai dengan minat dan kemampuan diri.

Online Shop Khusus Produk yang Islami

Secara tidak langsung, perkembangan teknologi membawa perubahan dan dampak yang cenderung cukup baik untuk membantu meringankan beban kerja dan aktivitas sehari-hari. Masyarakat juga menjadi lebih sering untuk memanfaatkan fasilitas atau barang-barang digital yang membantu mereka untuk menyelesaikan kegiatan lain di sela-sela aktivitasnya. Salah satu aktivitas masyarakat yang seringkali dilakukan melalui platform online adalah berbelanja melalui marketplace atau platform online. Kegiatan ini dinilai lebih mudah dan menghemat waktu serta tenaga karena masyarakat tidak perlu lagi untuk harus datang langsung ke toko atau pasar tempat menjual barang yang mereka inginkan. Masyarakat hanya perlu untuk membuka laman web atau mengunduh aplikasi marketplace dan kemudian melakukan login. Setelah itu, mereka langsung dapat melakukan pembelian barang yang diinginkan.

Salah satu bisnis online tanpa riba yang dapat dilakukan adalah dengan berjualan barang-barang yang bernilai Islami dengan menggunakan online shop. Anda tidak perlu untuk menggunakan marketplace atau laman sejenisnya. Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk mempromosikan barang jualan dan menarik pembeli. Bisnis ini dapat langsung Anda kendalikan  tentang penjualan, harga barang, hingga keuntungan yang didapatkan. Tentu dengan adanya kendali dari diri sendiri, Anda dapat menghindari adanya riba dalam bisnis yang dilakukan. Selain itu, Anda juga memperjualbelikan barang-barang yang bernilai Islami sehingga sembari berjualan, Anda juga menyebarkan nilai-nilai kebaikan yang dapat mendatangkan keberkahan bagi bisnis yang sedang dijalankan.

Privat atau Tutoring Online

Dalam keadaan pandemi yang mengharuskan untuk masyarakat mengurangi aktivitasnya di luar rumah, termasuk pula aktivitas belajar mengajar yang dilakukan oleh anak-anak sekolah, mereka diharuskan untuk dapat langsung beradaptasi dengan keadaan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa adaptasi tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Banyak anak-anak yang masih berada pada bangku sekolah mengalami kesulitan dengan pemahaman materi di kelasnya. Dalam keadaan yang seperti ini, Anda dapat membangun bisnis online tanpa riba dengan cara membuka kelas privat atau tutoring online.

Bisnis kelas privat atau tutoring online dapat membantu anak-anak untuk memahami mata pelajaran di sekolahnya dengan lebih baik lagi. Berbagi ilmu akan memberikan manfaat yang tiada batas waktunya. Anda dapat memberikan tarif sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Membangun bisnis online tanpa riba memang bukanlah hal yang mudah. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya. Selain kedua bisnis yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak bisnis online lain yang dapat Anda coba lakukan. Semoga bisnis tersebut selalu membawa berkah untuk Anda.

Read More