Peluang Usaha dengan Modal Ringan

Share

Berbisnis merupakan solusi untuk menambah penghasilan. Mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar menawarkan keuntungan yang cukup besar untuk pelaku bisnis. Tak jarang orang memilih untuk meminjam dana sebagai modal untuk memulai bisnis.

Pinjaman modal bisa diperoleh dari berbagai sumber. Misalnya saja yang paling mudah dan sering dimanfaatkan adalah pinjaman dari bank. Baik bank negeri maupun bank swasta. Pilihannya pun beragam tergantung jumlah dan juga jaminan yang harus diserahkan kepada pihak bank.

Jika memilih untuk melakukan pinjaman di bank biasanya dikenai bunga dengan jumlah beberapa persen dari jumlan dana yang dipinjam. Hal ini termasuk riba dan ridak diperbolehkan di dalam agama Islam.

Selain haram meminjam di bank dengan bunga tentu akan memberatkan dalam hal pelunasan. Karena jumlah uang yang harus dikembalikan ke bank tentu saja jauh lebih besar dari jumlah yang dipinjam dan dijadikan untuk modal usaha.

Untuk menghindari riba dan memudahkan pengembalian dana pelaku usaha dapat meminjam modal usaha tanpa riba. Peminjam hanya perlu menyerahkan jaminan seperti jika meminjam uang di bank pada umumnya tanpa adanya bunga. Sehingga akan terbuka peluang usaha tanpa riba dan tidak memberatkan.

Modal Usaha Bisa Didapat dengan Mudah

Sebenarnya untuk mendapatkan modal bisa dimulai dengan hal-hal yang mudah. Gunakanlah modal usaha dari penghasilan pribadi. Sisihkan beberapa penghasilan jika memang ingin memulai bisnis. Kelola bisnis secara kecil terlebih dahulu kemudian kumpulkan keuntungannya sedikit demi sedikit untuk lebih mengembangkan usaha.

Pinjamlah dana dari keluarga terlebih dahulu. Keluarga yang baik pasti akan saling membantu. Termasuk memberi pinjaman kepada anggota keluarga lain yang ingin memenfaatkan peluang usaha tanpa riba. Tentu saja tidak akan dibebankan sejumlah bunga sehingga terhindar dari riba.

Jika usaha yang akan dibangun membutuhkan beberapa sarana seperti meja, kursi, ataupun yang lain, bisa memanfaatkan barang bekas. Dengan membeli peralatan bekas dapat meminimalkan modal yang diperlukan. Meskipun barang bekas namun banyak peralatan yang masih bagus dan bisa dijadikan kelengkapan bisnis.

Peluang usaha tanpa riba yang lain yang bisa untuk dicoba adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Bisnis online tanpa riba dapat dijalankan dengan modal kecil atau bahkan hanya dengan memanfaatkan gawai saja.

Dengan modal yang sedikit bisa dimulai dengan mengambil barang dalam jumlah sedikit terlebih dahulu. Jika terjual maka lama-kelamaan akan semakin banyak jumlah bahkan jenis barang yang dapat dijual.

Bisnis Online dengan Modal Sedikit

Istilah dropshipper tidak asing bagi pelaku bisnis secara online. Dengan berperan sebagai dropshipper maka tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli stock barang. Karena dropshipper hanya perlu memasang iklan produk dari supplier dan penanganan pearsanan akan dilakukan oleh supplier. Namun jika Anda ingin memanfaatkan peluang bisnis tanpa riba dan merasa susah untuk memulainya, maka bisa mencari info dari beberapa sumber. Internet sebagai salah satu sumber yang mudah untuk dimanfaatkan. Selain itu terdapat banyak buku yang membahas tentang bisnis tanpa riba yang bisa dijadikan pedoman.

Read More