Pondasi Bisnis Berkah dengan Memulai Usaha Tanpa Riba

Share

Siapa bilang dalam berbisnis akan selalu membawa satu faktor yang dinilai tidak baik untuk dilakukan, yaitu riba. Jika manusia mau dan berniat untuk mengusahakan dalam memulai usaha tanpa riba, akan ada selalu jalan untuk memulainya. Salah satu caranya yaitu dengan mengamalkan empat pilar dalam pondasi bisnis berkah. Pemahaman ini dapat membawa anda untuk membangun bisnis modal usaha tanpa riba. Jika Anda sudah berniat untuk mencari bisnis halal tanpa riba, mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang pondasi in. Akan tetapi, apakah Anda sudah pernah mendengar dan memahami betul akan empat pilar dari Pondasi Bisnis Berkah?

Pondasi Bisnis Berkah

Pondasi bisnis berkah berisikan empat pilar yang membangun sebuah bisnis menjadi bernilai berkah dan juga menjadi ibadah. Hal ini dapat menjadi pegangan untuk para pebisnis dalam membangun dan menjalankan bisnisnya dengan berdasarkan nilai berkah serta tujuan ibadah. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya tentu saja dapat menjadi pegangan Anda dalam memulai usaha tanpa riba. Terdapat empat pilar dalam pondasi bisnis berkah ini, yaitu makna sukses, angka cukup, konsep rezeki, dan juga keberkahan dalam proses. Di bawah ini akan dijelaskan tentang empat pilar tersebut.

Menggunakan Makna Sukses

Pemahaman makna sukses yang digunakan dalam pondasi bisnis ini adalah mengevaluasi kembali apa arti sukses bagi diri sendiri. Secara umum, sukses biasanya dimaknai dengan kepemilikan benda-benda yang bersifat material. Namun, pengertian ini tidak selalu jadi standar yang sama bagi seluruh orang. Bisa jadi, pemaknaan kata sukses bagi Anda berbeda dengan pemaknaan sukses yang dimiliki oleh teman-teman Anda. Pemaknaan sukses yang bergantung pada nilai material terkadang bisa menjadi penghalang dalam memulai usaha tanpa riba. Hal ini dikarenakan Anda dapat menjadi cenderung berorientasi terhadap profit saja dan mengabaikan hal-hal lainnya.

Satu hal yang perlu Anda selalu ingat adalah sukses tidak harus selalu berorientasi profit. Hal bersifat non-materialis dapat juga menjadi definisi sukses Anda. Misalnya, dapat berkumpul dengan keluarga lengkap untuk satu hari penuh juga dapat menjadi definisi sukses Anda.

Memahami Angka Cukup

Hampir sama seperti sukses, angka cukup tiap individu dapat berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Bagi pengusaha sendiri, semakin kecil angka cukup dan semakin mudah untuk dipenuhi angka cukup yang dimiliki, maka Anda dapat menjadi pengusaha dengan sepenuhnya. Hal ini karena tujuan dari pengusaha sendiri sebenarnya untuk membantu orang lain atau orang yang bekerja dengan mereka untuk memenuhi angka cukupnya. Anda dapat menilai angka cukup bagi orang yang bekerja dalam bisnis yang Anda miliki dengan berpacu pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 13 Tahun 2012 yang juga mencakup acuan untuk menentukan upah minimum regional.

Mengamalkan Konsep Rezeki

Konsep rezeki sendiri memiliki banyak makna. Jenis rezeki sendiri ada tiga macam, yaitu rezeki yang sudah dijamin, rezeki yang sedang digantung kan, dan rezeki yang sudah dijanjikan. Rezeki sendiri ada yang diatur oleh nasib dan takdir. Sehingga, Anda perlu memahami rezeki mana yang dapat Anda usahakan dan mana yang akan datang dengan sendirinya. Hal ini akan membuat Anda untuk tidak segan berbagi dengan orang lain jika sudah benar-benar memahami tentang konsep rezeki.

Menikmati Proses Sebagai Keberkahan

Dalam pilar ini, Anda perlu memahami bahwa tujuan yang dimiliki tidak selalu dapat membawa keberkahan. Maka, Anda perlu untuk menentukan tujuan yang memiliki sifat yang baik sehingga prosesnya juga baik. Hal ini dikarenakan proses sangat dipengaruhi oleh tujuannya.
Beberapa pilar di atas dapat Anda jadikan sebagai pedoman untuk memulai usaha tanpa riba. Meskipun tiap orang memiliki pedomannya masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Namun jika Anda memiliki keraguan, hal di atas dapat menjadi pegangan untuk sementara.

Read More