Siapa Saja Bisa Membangun Bisnis Halal Tanpa Riba

Share

Dalam berbisnis, keuntungan merupakan salah satu faktor penting yang menjamin kesuksesan bisnis tersebut. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu tujuan berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan usaha yang seminimal mungkin. Biasanya, bisnis selalu dikaitkan dengan keuntungan yang sebenarnya tergolong ke dalam bentuk riba. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini jika memiliki kemauan untuk melakukan bisnis dengan modal usaha tanpa riba. Tentu saja, setiap orang yang ingin berbisnis dapat membangun bisnis tanpa riba. Ada beberapa pilihan bisnis halal tanpa riba yang dapat dipertimbangkan, diantaranya dua macam bisnis di bawah ini.

Investasi Syariah

Investasi merupakan salah satu bentuk pengelolaan aset yang dimiliki yang sering menjadi pilihan bagi banyak orang karena hasil keuntungan yang dinilai bisa berkali-kali lipat dari modal awal, jika dapat mengelolanya dengan baik. Investasi biasanya dilakukan dapat melalui bank atau beberapa marketplace lainnya yang sudah memiliki legalitas dari pihak berwenang setempat. Namun, banyak pihak yang mengkhawatirkan bahwa investasi yang dilakukan pada umumnya dapat bernilai riba atas keuntungan atau proses investasi yang digunakan. Oleh karena itu, banyak yang menjadi ragu atas investasi ini. Padahal, investasi dalam jangka panjang dapat membantu Anda untuk mempertahankan bisnis selama mungkin.

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui tentang investasi syariah. Tidak perlu dikhawatirkan karena investasinya dilakukan dengan berpedoman pada nilai Al-Qur’an serta Hadist yang shahih. Investasi ini juga dilindungi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga legalitasnya tidak perlu diragukan lagi. Beberapa jenis investasi syariah yang mungkin dapat menjadi pertimbangan yaitu deposito, suku tabungan, reksa dana, hingga berbagai bentuk saham serta emas batangan. Anda tinggal mencari persyaratan atau bentuk investasi syariah yang sesuai dengan selera atau kemampuan agar tetap dapat menjalankan bisnis halal tanpa riba.

Google AdSense

Google AdSense ini merupakan salah satu bentuk dari iklan yang diatur oleh pihak Google secara langsung. Anda dapat mengajukan bentuk iklan yang diinginkan kepada pihak Google, yang kemudian akan disortir dan dipilih oleh pihak Google sendiri. Nantinya, jika produk Anda terpilih dapat mengiklankan ke berbagai platform online yang masih terkoneksi dengan Google. Iklan yang ditampilkan ini sendiri ada dalam berbagai bentuk, diantaranya yaitu dalam bentuk teks, foto, video, hingga platform yang menyediakan media interaktif.

Banyak yang mengatakan bahwa pemasukan dari AdSense ini cukup besar. Anda dapat mengajukan untuk pengiklanan jika Anda sudah memiliki sebuah laman atau website. Bisnis halal tanpa riba ini dapat Anda lakukan dengan tetap mengikuti seluruh peraturan, persyaratan, maupun kebijakan yang ditetapkan oleh Google.
Dua contoh atas bisnis halal tanpa riba yang dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin memulai untuk berbisnis. Anda dapat juga bertanya atau mencari informasi dari lingkungan sekitar yang mungkin juga memiliki pemahaman yang lebih tentang bisnis apa yang ingin Anda lakukan. Selama Anda memiliki tekad yang cukup kuat, segala hal dapat dilakukan apapun rintangan yang menghadang.

Read More