Solusi Jika Anda Butuh Modal Usaha Tanpa Riba

Share

Bisnis berkah tanpa riba harus dilakukan secara total. Jadi tak hanya produk jualannya, baik itu yang berupa barang atau jasa yang halal dan cara pembayarannya pun tanpa riba  namun juga meliputi hingga juga dengan modal usaha tanpa riba. Nah bagi yang butuh modal usaha tanpa riba bisa mencoba alternatif pembiayaan berikut ini.

Pinjaman dari Orang Tua atau Sanak Saudara

Bisa ambil pinjaman dari orang terdekat sehingga tak perlu harus mengenakan bunga tapi bisa berupa bagi keuntungan jika pada suatu saat nanti usaha bisnis yang dijalankan mendatangkan keuntungan. Meski demikian namun usahakan tetap ada perjanjian secara hitam putih di atas kertas bermaterai cukup, perjanjian secara tertulis, guna menghindari terjadinya kesalahpahaman atau sengketa di kemudian hari.

Pinjaman dari Bank Umum Syariah

Ada Bank Mualamat yang lalu disusul dengan hampir seluruh bank umum konvensional yang juga mendirikan bank syariah nya masing-masing, yakni ada bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah dan lain sebagainya, yang bisa memberikan pinjaman tanpa riba. Bank umum syariah tersebut menjalankan usahanya dengan berusaha memenuhi prinsip-prinsip syariah dan diawasi oleh lembaga pengawas syariah. Pinjaman diberikan tanpa bunga, hanya ada bagi hasil, pada keseluruhan jenis produknya. Berbagai produk tersebut bisa berupa aneka tenor kredit pinjaman, lalu kartu kredit dan lain sebagainya. Jika memenuhi syarat maka bisa mengajukan pinjaman kepada bank umum syariah yang ada.

Pinjaman dari BPR Syariah

BPR atau Bank Perkreditan Rakyat juga ada yang telah berbentuk syariah. Suatu bisnis usaha yang berlokasi di wilayah kerja BPR Syariah tersebut bisa mengajukan permohonan pinjaman tanpa bunga. Pinjaman diberikan tanpa bunga, hanya ada bagi hasil. Penuhi segala persyaratannya.

Pinjaman dari Pegadaian Syariah

Selain dari bank maka pinjaman juga bisa dilakukan dari pegadaian syariah, dengan menggadaikan benda berharga atau surat berharga yang dimiliki. Cicilannya tanpa bunga.

Pinjaman  dari Koperasi Simpan Pinjam Syariah

Selain itu juga ada koperasi simpan pinjam yang didirikan dan dikelola dengan memperhatikan prinsip-prinsip syariah. Sehingga bagi anggotanya juga bisa mengajukan pinjaman tanpa bunga. Pinjaman tersebut diberikan tanpa bunga, hanya ada bagi hasil.

Pinjaman dari Lembaga Wakaf

Ada lembaga khusus yang mengelola harta hibah atau wakaf yang dapat disalurkan untuk menjadi modal usaha bagi yang memenuhi syarat tanpa dikenakan bunga. Bisa coba mengajukan pinjaman dari lembaga ini.

Pinjaman dari Lembaga Zakat

Ada juga lembaga pengumpul dana zakat umat, yang tak seluruhnya dihabiskan dana zakat yang terkumpul untuk keperluan konsumsi saja tapi juga dimanfaatkan dipinjamkan sebagai bentuk permodalan produktif tanpa dikenakan bunga. Jadi bisa juga coba ajukan pinjaman jika memenuhi persyaratannya.

Biasanya pinjaman tersebut juga memerlukan agunan benda berharga seperti sertifikat tanah, jika memang berniat serius dan yakin benar akan keberhasilan suatu usaha bisnis yang hendak dijalankan, maka tak ada salahnya jika menjual saja benda berharga tersebut untuk dijadikan sebagai modal usaha, sehingga tak perlu harus membuat hutang atau mengambil pinjaman.

Read More